Ketahui Manfaat Dari Mandi Air Dingin

KesehatanKetahui Manfaat Dari Mandi Air Dingin - Mandi air dingin memiliki peranan penting di berbagai kultur budaya, mulai dari Spartan, Yunani kuno, sampai Romawi. Dan bagi beberapa kultur budaya lain seperti suku-suku asli Amerika, praktisi Shinto Jepang, dan Skandinavia, air dingin merupakan bagian dari sebuah tradisi ritual, termasuk Indonesia.

Mereka menggunakannya untuk membangun kekuatan psikologis, membersihkan jiwa, meningkatkan kesehatan, dan membuat Anda merasa segar bugar. Namun sayangnya di jaman modern saat ini, banyak diantara kita yang tidak mengetahui atau mungkin melupakan manfaat dari mandi air dingin.

Kita mungkin sudah terbiasa mandi dengan menggunakan air dingin, namun masih banyak dari kita yang telah melupakan atau mungkin tidak tahu manfaat yang tersimpan di dalamnya.

Dan berikut ini adalah penjelasan manfaat dari mandi air dingin yang telah kami himpun dari berbagai studi dan penelitian yang telah dilakukan oleh pakar kesehatan di negara-negara maju.

Meningkatkan sirkulasi darah

Mandi air dingin dapat meningkatkan laju aliran darah ke seluruh tubuh dan memompanya ke seluruh organ dengan lebih baik. Ini berguna untuk meningkatkan sistem kardiovaskular membantu tekanan darah, memperkuat arteri dan pembuluh darah. Meningkatkan aliran darah ke otak sehingga dapat berfungsi dengan optimal dan membuat Anda fokus lebih lama.

Sebagai anti depresan

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Medical Hypotheses, paparan air dingin mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan pelepasan noradrenalin, zat kimia yang meringankan depresi. Aplikasi praktis menunjukkan hidroterapi dingin untuk meringankan gejala depresi secara efektif.

Bagus untuk kulit dan rambut

Air hangat akan membuat kulit kering dan rambut juga menjadi kering. Air dingin membuat kulit menjadi kencang dan tidak berkeriput. Campuran air dingin dan perasan air lemon juga sangat bagus untuk wajah.

Dapat meningkatkan kemampuan atletis

Penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Physiology menemukan bahwa, atlet yang menggunakan air dingin setelah latihan akan dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan selama sesi pelatihan berikutnya, sehingga dapat meningkatkan pelatihan jangka panjang.

Dari the Journal of Sports Science and Medicine ditemukan bahwa, air dingin meningkatkan pemulihan setelah latihan, dan harus diberikan sesegera mungkin pasca latihan.

Air dingin membangun kekuatan mental

Sebelum mandi dengan air dingin, pikiran kita sudah bersiap-siap dalam menghadapi air dingin, secara tidak langsung hal tersebut akan melatih diri Anda dalam melatih mental.

Tidak ada komentar