Bagaimana Membesarkan Anak Yang Bahagia?

Parenting
Images by Dan Dalton
Bagaimana Membesarkan Anak Yang Bahagia? - Ini adalah pertanyaan yang seringkali terdengar dari orang tua.

Bagaimanapun kita mengajarkan mereka, jika kita tidak mengajarkan pada mereka bagaimana cara mendapat kebahagiaan atau orang tua tidak memberikan kebahagiaan, bagaimana anak bisa belajar?

Yang terpenting adalah menjadi contoh. Anda tidak bisa memberikan sesuatu yang tidak Anda miliki. Lalu bagaimana Anda mengajarkan arti bahagia jika Anda sendiri tidak bahagia?

Kesalahan dari pola pikir yang masih banyak dilakukan oleh para orang tua adalah anggapan mencintai keluarga berarti melakukan semua untuk keluarga, mengantar kemanapun mereka pergi, membersihkan semuanya untuk keluarga, dan memenuhi semua kebutuhan anak-anak. Namun mereka melupakan kebutuhan dirinya sendiri. Hal ini jelas tidak boleh terjadi. Mengapa?

Karena anak-anak dapat memperlakukan orang tua sebagai pelayan, mendidik anak menjadi egois, dan itu akan terbawa hingga mereka dewasa. Saat Anda memperhatikan diri sendiri, menyediakan waktu untuk diri sendiri, dan melakukan sesuatu hal yang membuat Anda bahagia, anak-anak akan belajar dari pola Anda.

Jika mereka melihat Anda melakukan apa yang Anda impikan dan membuat keputusan berdasarkan hati nurani, mereka akan belajar bahwa melakukan hal tersebut merupakan hal yang baik. Di sisi lain, jika Anda mencontohkan hal yang sebaliknya, mereka akan belajar bahwa menjadi orang tua adalah tindakan penyangkalan diri dan berkorban demi keluarga, yang jauh dari bahagia.
  • Jadi, untuk membesarkan anak yang bahagia, Anda harus merasa baik terhadap diri Anda sendiri. Perlakukan diri Anda dengan baik, seperti Anda memperlakukan anak-anak Anda. Jangan biarkan orang lain bersikap kasar atau mengambil kendali kehidupan Anda dan anak Anda.
  • Sediakan waktu untuk mencurahkan ide-ide Anda dan mimpi-mimpi Anda.
  • Rencanakan waktu untuk diri sendiri dan pastikan Anda mendapatkannya.
  • Biarkan anak-anak melihatnya dan katakan pada mereka bahwa Anda butuh waktu untuk bersenang-senang juga atau Anda butuh waktu untuk bersantai. Ini akan menunjukkan nilai dari diri Anda dan menunjukkan betapa pentingnya waktu pribadi untuk kebahagiaan bersama.
  • Tunjukkan nilai fokus tehadap perhatian. Memiliki waktu hanya Anda dan anak-anak merupakan saat yang penting, tanpa ada gangguan dan hanya fokus pada saat itu. Sehingga anak-anak tau pentingnya waktu Anda dan anak-anak. Anak-anak akan tahu nilai dicintai dan itu akan memberikan perasaan aman dan faktor penting dalam memperoleh kebahagiaan.
Dengan kesibukan orang tua dan kegiatan sosial anak-anak, sangat penting untuk menyediakan waktu keluarga. Untuk kebahagiaan bersama, tidak ada yang lebih penting, jangan sia-siakan kesempatan untuk memulai membangun karakter anak yang bahagia sedini mungkin.

Tidak ada komentar