Suasana Hati Buruk Dan Solusinya

LifestyleSuasana Hati Buruk Dan Solusinya - Banyak yang menyebabkan perubahan suasana hati, hubungan pribadi yang bermasalah, masalah keuangan, masalah kesehatan, dan semua itu dapat mengganggu kesehatan mental Anda karena kurangnya kemampuan mengontrol kondisi kejiwaan pribadi.

Tapi untungnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyeimbangkan kondisi mental Anda. Berikut ini ada beberapa penyebab suasana hati yang buruk, serta bagaimana cara mengatasinya:

- Kurangnya asupan sayur dan buah.

Menurut penelitian dari the University of Warwick and Dartmouth College, dengan mengkonsumsi buah dan sayur dengan porsi 80 gram sehari, dapat mempengaruhi beberapa faktor yang mempengaruhi perasaan bahagia, rasa cemas, perasaan rendah diri dan gangguan mental.

Cara mengatasinya: Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin.

- Terkena paparan sinar matahari.

Apakah Anda berada di dalam ruangan tanpa terkena matahari? Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab suasana hati Anda yang buruk. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zayed University researchers, kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan depresi, dibandingkan mereka yang terkena sinar matahari walaupun hanya sebentar.

Cara mengatasinya: Berjalan di luar ruangan dan beristirahat disela-sela waktu kerja.

- Dehidrasi.

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, kehilangan fokus dan perubahan suasana hati yang buruk saat berolah raga dan istirahat, demikian yang didapatkan menurut penelitian dari the Journal of Nutrition.

Cara mengatasinya: Pastikan Anda mendapatkan asupan H2O yang cukup. The Institute of Medicine merekomendasikan total air yang harus dikonsumsi pria sebanyak 3,7 liter/hari dan untuk wanita sebanyak 2,7 liter/hari.

- Bekerja terlalu lama.

Workaholics bukan hanya berakibat buruk pada kesehatan fisik, namun juga mental. Penelitian dari Kansas State University menunjukkan bahwa, orang yang bekerja 50 jam/minggu dapat berakibat buruk bagi kesehatan fisik dan meningkatkan depresi.

Cara mengatasinya: Anda memang berhak bekerja dengan keras, namun Anda harus menyediakan waktu untuk tidur, meditasi dan beristirahat, agar pikiran Anda tetap fokus dengan tujuan Anda.

- Menghabiskan waktu terlalu lama di Facebook.

Semakin lama Anda berada di sosial media, semakin buruk suasana hati Anda, demikian yang diungkapkan penelitian dari Austrian researchers. Alasannya karena Facebook dapat menyebabkan perasaan  membuang-buang waktu.

Cara mengatasinya: Jauhkan telepon selular, komputer, atau perangkat lainnya yang berhubungan dengan sosial media untuk sementara waktu. Habiskan waktu dengan orang lain secara fisik bukan dunia maya.

- Postur tubuh.

Menurut sebuah penelitian dari San Francisco State University yang dikepalai oleh Erik Peper, Ph.D, merubah postur tubuh Anda lebih tagap dapat meningkatkan suasana hati dan energi.

Cara mengatasinya: Jaga postur tubuh Anda dalam setiap aktivitas. Posisi tubuh tegap baik saat duduk maupun berdiri sangatlah penting, karena bukan hanya untuk meningkatkan suasana hati saja, tapi juga mengurangi sakit punggung kibat kesalahan dalam posisi.

- Tertawalah.

Menurut penelitian dari Loma Linda University, tertawa dapat meningkatkan memori dan hormon stres. Bahkan senyuman dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan perasaan positif.

Cara mengatasinya: Carilah artikel lucu atau gambar lucu yang dapat merubah suasana hati Anda.

- Kelelahan.

Mengantuk dapat mengubah seseorang yang tadinya menyenangkan menjadi menyebalkan. Ada hubungan antara kurangnya waktu tidur dan meningkatnya perasaan lelah, marah dan sedih.

Cara mengatasinya: Perhatikan waktu tidur Anda! Untuk orang dewasa, minimal waktu yang diperlukan adalah 7-8 jam. Perhatikanlah bagaimana cukup tidur dapat merubah diri Anda menjadi lebih bahagia, sehat dan produktif.

- Berlibur ke alam.

Menurut penelitian dari University of Michigan, mengisi waktu libur Anda di alam terbuka dapat memperbaiki suasana hati dan kesehatan mental.

Cara mengatasinya: pergi berlibur seperti bersepeda, mendaki, atau ke laut, dapat membuat Anda lebih bahagia. Anda juga dapat melakukan kegiatan alam di gunung dan sejenisnya.

Tidak ada komentar