3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Lifestyle
Image: Shutterstock
3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi - Menurut ahli fitness, kebanyakan yang mengalami dehidrasi adalah kaum wanita. Hal itu terjadi karena Anda jarang menyadari bahwa sebenarnya Anda sedang mengalami dehidrasi.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Greg Justice, seorang exercise physiologist dari AYC Fitness di Kansas City, memberikan penjabaran tanda-tanda dehidrasi sebagai berikut.

Sakit kepala

Dalam sehari, tubuh Anda kehilangan sodium dan potasium, karena keduanya terdapat dalam cairan yang hilang dari tubuh. Hilangnya sodium dan potasium ini merubah zat kimiawi dalam darah.

Otak yang sifatnya sensitif terhadap perubahan itu memicu sakit kepala. Masuk akal bukan? Lalu sakit kepala akan semakin bertambah parah, tergantung banyaknya cairan yang hilang dari tubuh Anda.

"Semakin banyak cairan yang hilang dari tubuh Anda, semakin turun volume darah Anda, hingga mengakibatkan kurangnya oksigen ke otak", ungkap Justice.

"Itu menyebabkan pembuluh darah melebar dan sakit kepala akan semakin parah".

Air seni lebih kuning

Mungkin agak jorok, namun itu adalah kenyataannya. Alasan hal itu terjadi karena air seni Anda terlalu terkonsentrasi dengan racun dari tubuh.

"Saat Anda dehidrasi, racun mudah memerah dan keluar dengan cara yang lebih efisien", lanjut Justice.

"Namun, saat tubuh kekurangan cairan, racun tidak keluar dengan mudah, jadi itu tetap ada dalam tubuh".

Sembelit

Dengan alasannya serupa, karena air membantu kotoran yang ada di dalam tubuh menuju colon, lalu keluar dari tubuh Anda.

"Namun jika tubuh kekurangan air, maka proses itu tidak dapat dilakukan, tubuh tidak dapat membuang racun dari dalam tubuh secara efisien", jelas Justice.

Tidak ada komentar