Hilangkan Kram Saat Siklus Bulanan

KesehatanHilangkan Kram Saat Siklus Bulanan - Sekitar 40 persen wanita mengalami kram pada bagian perut pada saat siklus bulanan atau menstruasi, dan itu merupakan hal yang normal.

Penyebab dari kram yang terjadi saat siklus bulanan adalah karena adanya peningkatan produksi prostaglandin, zat seperti hormon yang dapat menyebabkan kontraksi rahim intens. Bagi banyak wanita, kram dan kembung merupakan bagian yang paling tidak nyaman dari periode menstruasi ini.

Namun ada cara yang efektif untuk membantu mengurangi sakitnya, yaitu dengan cara sebagai berikut:

- Mengkonsumsi vitamin D dan supplement magnesium.

Berguna untuk membantu otot supaya relaks. Pada saat 2 minggu menjelang siklus bulanan, kadar magnesium dalam tubuh menurun, dan itu dapat menyebabkan kadar air dalam tubuh menurun, kram, sakit kepala, dan ketegangan otot. Untuk dosisnya bisa Anda tanyakan pada dokter Anda, namun yang biasanya dianjurkan sebanyak 320 mg, untuk mengatasi masalah ini.

- Jalan santai.

Olah raga dalam bentuk jalan santai, joging ataupun aerobik dapat membantu mengurangi kram dan meningkatkan kadar endorphin. Endorphin membantu tubuh dalam mengatasi depresi dan rasa sakit.

- Tidur.

Tidur terbukti membuat tubuh Anda relaks dan tidak merasakan sakit.

- Yoga.

Beberapa hari sebelum masa siklus bulanan, cobalah lakukan yoga. Tekanan pada perut bagian bawah akan menstimulasi organ pencernaan dan organ reproduksi. Dan itu dapat mengurangi bahkan menghilangkan kram.

- Konsumsi makanan yang mengandung kalsium, seperti susu, yogurt, pisang, salmon dan kacang almond. Hindari makanan yang dipanggang atau digoreng.

- Hindari kopi, alkohol dan nikotin.

Karena akan semakin merangsang kram, membuat otot menjadi tegang dan berkontraksi, sehingga membuat semakin sakit.

Metode di atas merupakan salah satu rekomendasi dari para ahli di dunia. Dimana dalam beberapa survei yang telah dilakukan di berbagai negara, telah menunjukkan hasil yang sangat luar biasa.

Bagaimana, mudah bukan? Nah, bagi Anda para wanita yang mungkin sering mengalami kram saat siklus bulanan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba tips di atas.

Tidak ada komentar