Kaki Anda Bau? Ini Solusi Terbaiknya

LifestyleKaki Anda Bau? Ini Solusi Terbaiknya - Apakah Anda sedang mengalami bau kaki? Jika ya, tentu hal ini pasti akan sangat mengganggu dalam setiap langkah Anda. Bau kaki yang tak sedap telah membuat Anda mengalami penurunan rasa percaya diri dan semangat beraktivitas, benar bukan?

Penyebab utama bau kaki adalah keringat yang menciptakan lingkungan untuk pertumbuhan bakteri. Menurut seorang Kepala Dinas Kesehatan Victoria, Dr Rosemary Lester, menjelaskan bahwa setiap kaki memiliki 250.000 kelenjar keringat dan menghasilkan sekitar satu cangkir atau 500 ml keringat setiap hari. Keringat berlebihan, dikombinasikan dengan bakteri, akan menyebabkan bau kaki yang bersifat ofensif.

"Bakteri yang tumbuh di telapak kaki benar-benar menghasilkan gas, sama dengan yang diproduksi oleh bakteri yang digunakan dalam pengolahan keju", kata Dr Lester.

Sedangkan menurut seorang ahli penyakit kaki, David Gold Coast Webby, mengatakan bahwa apa yang baik untuk kaki adalah sesuatu yang buruk bagi bakteri, dimana bakteri ini sangat menyukai kondisi hangat serta lingkungan yang lembab.

"Bakteri ini menggunakan tempat yang hangat dan basah untuk hidup dan berkembang", kata David Webby.

"Di dalam sepatu Anda adalah tempat berkembang biak yang ideal, karena itu wilayah yang paling gelap dan terpanas, serta paling lembab pada tubuh".

Menyingkirkan bau kaki berarti mengurangi keringat dan menyediakan ventilasi. Solusi terbaiknya sebagai pencegahan adalah dengan mengenakan kaus kaki berbahan katun atau wol (yang menyerap lebih banyak keringat), serta memilih sepatu jenis kulit daripada yang berjenis sintetis.

Jangan memakai sepasang sepatu yang sama dalam waktu lama. Cuci dan jemur sepatu yang telah Anda pakai tersebut dan gunakan sepatu lainnya saat Anda akan pergi beraktivitas harian.

Selain solusi di atas, masih ada lagi solusi alami yang terbaik untuk mengobati bau kaki Anda. Berikut ini beberapa solusi alami yang harus Anda ketahui dan harus Anda coba di rumah.

1. Tepung jagung.

Taburkan sedikit tepung jagung ke dalam sepatu Anda dan kemudian jemur untuk beberapa saat. Menurut David Webby, tepung jagung berfungsi untuk menyerap kelebihan kelembaban dan menetralkan bau. Ia juga menyarankan agar tidak memakai bedak karena mengandung aluminium, yang bisa menjadi logam berat yang berbahaya hingga pada tingkat tertentu.

2. Teh.

Teh mengandung asam tannic, yang akan mengeringkan kaki Anda, dan mengurangi jumlah keringat serta bau tidak sedap. Rendam kaki Anda selama 30 menit dalam satu liter air hangat yang dicampur dengan dua buah sisa teh celup.

3. Cuka putih.

Salah satu bahan penting dapur ini berfungsi sebagai disinfektan. Ini memerangi pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau, serta sebagai zat pelindung yang baik bagi kulit kaki Anda. Gunakan cuka putih setengah cangkir dan campurkan pada air yang ada di baskom. Rendam kedua kaki Anda selama beberapa menit.

4. Sari apel.

Campurkan sari apel ke dalam baskom yang berisi air secukupnya, dan rendam kaki Anda selama kurang lebih 30 menit. Sari apel ini adalah obat alami yang sangat baik karena zat asam yang terkandung di dalam sari apel dapat membunuh bakteri yang telah berkembang.

Selain itu, sari apel juga berfungsi sebagai penyerap keringat yang berlebih di kaki Anda, sehingga kaki Anda akan tetap dalam kondisi kering. Ini adalah obat alami yang sangat baik, murah namun sangat efektif. 

Nah bagaimana, mudah bukan? Semoga beberapa solusi alami di atas dapat membantu Anda terhindar dari bau kaki yang sangat mengganggu aktivitas dan lingkungan sekitar Anda. Terima Kasih...

Tidak ada komentar