Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

Lifestyle
Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas - Pada dasarnya yang dibutuhkan manusia adalah udara, makanan, air dan tempat tinggal. Tidur merupakan salah satu faktor pendukung penting lainnya.

Banyak yang mengalami keluhan sulit tidur, sehingga keesokan harinya kita tidak dapat mengerjakan tugas dengan baik dan tentu saja kualitas hidup akan berkurang. Dan berikut ini adalah teknik-teknik yang dapat dilakukan agar kualitas tidur Anda lebih baik.

Teknik simpelnya adalah bernapas. Karena teknik bernapas yang baik akan berdampak pada seluruh organ dan sistem pada tubuh anda. Latihan pernapasan ini bertujuan untuk menenangkan sitem syaraf. Seperti meditasi yang membantu menenangkan pikiran. Sangat penting untuk melatih pernapasan saat ingin tidur.

Berbaringlah pada posisi tidur, coba hindari penggunaan bantal agar posisi leher tidak tertekan ke dada. Sekarang cobalah langkah-langkah berikut ini:

1. Bernapas dengan santai.

Teknik ini memungkinkan Anda untuk melemaskan setiap otot dari ujung kepala hingga kaki. Ini akan sangat baik jika dilakukan dengan berbaring terlentang. Namun, jika Anda memiliki masalah pada punggung, Anda dapat melakukannya dengan menghadap ke samping.

Aturlah pernapasan seiring tarikan napas dan hembusan napas.

2. Bernapaslah dengan normal, rasakan kontraksi yang terjadi pada dada Anda.

Fokus pada setiap tarikan napas dan pada saat membuang napas. Ulangi prosesnya dan rasakan nafas Anda. Ini bukan hanya baik untuk tidur Anda, tapi juga sangat baik untuk kesehatan secara umumnya.

3. Teknik pernafasan murni.

Tekniknya sangat simpel:
  • Berbaring seperti posisi tidur.
  • Tarik nafas lewat hidung dalam hitungan 3 detik.
  • Tahan selama 3 detik, lalu hembuskan melalui hidung dalam hitungan 6 detik.
  • Ulangi proses ini hingga Anda tertidur.
Teknik ini hanya akan berhasil jika Anda fokus dengan pernafasan dan perhitungannya. Anda juga akan merasakan efeknya langsung jika Anda mempercepat tarikan nafas dan memperlama hembusannya.

Secara instan, Anda akan merasakan efek psikologisnya, yaitu sistem syaraf dan otot yang lebih santai, memperlambat detak jantung dan memperlambat kerja otak yang telah aktif seharian. Jika rasio 3:3 dirasakan tidak nyaman, maka Anda dapat merubahnya.

Yang terpenting adalah tetap menjaga tarikan nafas lebih singkat dari hembusan nafas. Teknik ini telah disetujui secara medis maupun praktisi meditasi di dunia. Dan untuk penderita insomnia, teknik ini sangatlah baik. Terima Kasih...

Tidak ada komentar