Kenapa Koala Suka Memeluk Pohon?

DuniaKenapa Koala Suka Memeluk Pohon? - Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Royal Society Journal Biology, para ilmuwan menggunakan camera thermal untuk mengungkapkan alasan mengapa koala suka memeluk pohon. Di cuaca yang panas, koala pindah kebagian bawah pohon karena itu bagian yang lebih dingin dari pohon. Bahkan mereka menekankan tubuh mereka lebih dekat ke pohon.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh ilmuwan dari Universitas Melbourne, melakukan penelitian bagaimana koala mengatur suhu tubuh mereka.

Dalam penelitian hasil foto thermal mengungkapkan, dingin yang dikeluarkan pohon besar. Ini adalah bagian dari proyek penelitian yang lebih luas yang menyelidiki pengaruh iklim terhadap hewan darat di Australia. Dimana negara tersebut mengalami gelombang panas yang cukup ektrim tahun ini.

Sementara, Natalie Briscoe, seorang murid PhD mempelajari tingkah laku koala. Dia menemukan bahwa di musim dingin binatang ini tinggal di bagian pohon yang lebih tinggi, dekat dengan daun-daun yang biasa dimakan. Namun pada musim panas, para koala lebih memilih untuk tinggal di bagian pohon yang lebih bawah.

Tapi pada pengukuran suhu pohon menunjukkan bahwa, pada hari-hari panas seperti 39°C, mereka mencapai 7°C lebih dingin dari udara.

"Itulah yang membuat kita bertanya-tanya apakah koala menggunakan pohon sebagai penyerap panas", kata Dr Kearney.

Tim menggunakan kamera thermal untuk mengambil gambar dari koala pada hari yang sangat panas.

"Ketika kami menerima gambar tersebut, sangat jelas apa yang sedang koala lakukan", jelas Dr Kearney.

"Anda bisa melihat koala duduk di bagian paling dingin dari batang pohon dengan bagian bawah tubuhnya terjepit tepat ke tempat paling dingin. Jika kita memiliki visi thermal, itu akan menjadi hal yang jelas", Jelasnya.

Dr Kearney mengatakan pohon-pohon besar memiliki pelindung "mikro" sendiri, yang kemungkinan akan menjadi semakin penting untuk pohon dan makhluk seperti koala jika suhu global terus meningkat seperti yang diperkirakan.

Peneliti lain yang telah menggunakan kamera thermal dalam penelitian ekologinya, Dr Justin Welbergen, dari James Cook University, mengatakan gambar thermal menunjukkan dengan tepat bagaimana hewan dapat mengeksploitasi microclimates dingin di pohon-pohon.

"Ini membantu mereka untuk memaksimalkan peluang mereka untuk bertahan hidup selama cuaca panas yang ekstrim", ungkapnya kepada BBC News.

Penelitian Dr Welbergen diterbitkan awal tahun ini mengungkapkan dampak pada kehidupan liar kejadian ekstrim tersebut. Penelitiannya mengungkapkan bahwa 45.500 rubah terbang telah meninggal pada satu hari yang sangat panas di Queensland tenggara.

"Video thermal kami menunjukkan kelompok rubah terbang mencoba untuk mengatasi peristiwa panas yang ekstrim dengan mendistribusikan air liur pada sayap mereka",jelasnya.

Sama halnya dengan koala yang memeluk pohon, Dr Kearney mengatakan, hal ini akan membantu koala untuk menghindari kehilangan air yang sama. Memungkinkan mereka untuk "membuang panas" ke pohon dan untuk menghindari terengah-engah.

Journal referensi: BBC News

4 komentar

Untung ga peluk kita ya..hee

kalo hy meluk koala sj ngk apa, asal ngk macem2 hehe. makasi sahabat :D

sebuah tanda kebesaran Tuhan, menciptakan sebuah sistem kehidupan yang mengagumkan.

iya mas setuju. makasi :D