Bagaimana menghentikan prasangka buruk?

Bagaimana menghentikan prasangka buruk? - Orang-orang seringkali bereaksi berlebihan atas situasi yang berhubungan dengan omongan orang lain terhadap mereka atau mereka mencernanya ke arah yang salah. Prasangka buruk memang bagian dari sifat yang manusiawi. Yang sering terjadi adalah, begitu mudahnya menerima dan mempercayai hal buruk dari pada hal baik.

Berikut ini 6 cara untuk menghentikan prasangka buruk:

1. Yakinlah bahwa kontrol ada ditangan anda.
Hanya diri anda sendiri yang dapat mengontrol pikiran dan tindakan anda, karena itu sama saja membiarkan orang lain membuat anda sedih atau mengontrol apa yang anda rasakan atau lakukan. Jika ada orang lain berkomentar mengenai diri anda atau hal lain yang berhubungan dengan diri anda, jangan masukkan ke dalam hati.

2. Fokus dengan apa yang anda inginkan.
Pada saat kita memberikan perhatian pada apa yang orang lain katakan, kita dapat teralihkan dari apa yang sesungguhnya ingin kita lakukan atau capai dalam hidup. Berprasangka buruk akan mengganggu pikiran dan hati anda, dimana itu akan menghambat anda untuk mencapai tujuan atau cita-cita anda. Tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang lebih penting bagi anda, cita-cita anda atau apa yang orang lain katakan mengenai anda.

Fokus dalam menyelesaikan apa yang anda inginkan dan gunakan itu sebagai alat untuk anda berbicara dari pada masuk ke dalam  sebuah argumen-argumen.

3. Jika anda merasa ragu, bertanyalah.
Terkadang apa yang kita pikir orang lain membicarakan kita, ternyata tidak ada hubungannya dengan kita sama sekali. Jika anda tidak nyaman akan sesuatu, datangilah orang yang anda maksud dan klarifikasi dengan apa yang mereka maksud sebenarnya.

Komunikasi dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat dapat menghindarkan anda pada kebingungan dan salah paham, dan itu akan membawa perubahan bagi diri anda sendiri. Tanyakan untuk mendapat masukan dan dengarkan.

4. Bertemanlah dengan orang-orang yang baik.
Jika anda cenderung berprasangka buruk dan berpikir kalau teman anda memberikan komentar buruk tentang diri anda dan anda tidak menyukainya, menjauhlah dan kelilingi diri anda dengan orang-orang yang lebih mendukung.

Carilah tanda yang mengatakan bahwa sudah waktunya bagi anda untuk maju. Jika anda menemukan komentar negatif dan kritikan telah menjadi bagian dari kehidupan sosial anda, maka rubahlah lingkungan anda.

5. Ambil pelajaran dan tinggalkan yang buruk.
Jika seseorang memberikan kritikan buruk mengenai diri anda, terimalah kritikan tersebut sebagai motivasi dan berterima kasihlah, karena mereka anda jadi tahu kesalahan dan kelemahan anda. Ambil sisi positif dari apa yang diucapkan, pelajari sebisa anda, lalu tinggalkan sisi yang buruk.

6. Abaikan yang tidak perlu.
Jika anda sudah mencoba segala cara dan orang lain tetap bersikap tidak baik pada anda, ikuti teknik ini: berhentilah menaruh perhatian atas apa yang mereka katakan, fokus dengan apa yang anda lakukan dan jadilah diri sendiri.

Intinya adalah, anda tidak dapat mengontrol apa yang orang lain katakan mengenai diri anda, namun anda memiliki kontrol penuh atas diri anda sendiri. Jadi, jangan mempermalukan diri anda mengenai sesuatu yang dikatakan soal anda dan menjauhlah. Terima Kasih...

Tidak ada komentar