6 Kesalahan Dalam Diet

Lifestyle6 Kesalahan Dalam Diet - Anda mungkin telah berpikir bahwa makanan yang Anda konsumsi itu sudah benar-benar sehat dan sesuai dengan program diet Anda. Tetapi, apakah itu sudah benar-benar teruji dan aman?

Seringkali kita melakukan diet tanpa tahu yang benar dan salah, yang boleh dan tidak boleh dilakukan atau dikonsumsi selama masa diet. Berikut ini adalah 6 kesalahan yang paling umum dalam melakukan diet yang harus Anda ketahui.

1. Melakukan penelitian sendiri.

Orang-orang seringkali melakukan karena hasil dari penelitiannya sendiri, dan ini akan berakhir dengan hasil yang sia-sia. Seperti mengkonsumsi sebuah suplemen atau obat-obatan kimia lainnya sebagai percobaan, maka ini tidak akan bekerja dengan baik dan justru akan sangat berbahaya. Ini semua hanya akan membuang waktu dan uang Anda.

Solusinya adalah tanya pada ahlinya atau pakar dalam bidang ini. Seimbangkan makanan dan program latihan.

2. Tersesat dengan informasi.

Paula Goodyer, penulis Fit and Firm, menjelaskan bahwa, seringkali para konsumen membeli produk alami, organik,  rendah karbohidrat, antioksidan, tanpa membaca keterangan lebih lanjut pada kemasannya.

Solusinya adalah periksa apa yang tertera pada kemasan produk, khususnya pada kolom gizi, total lemak dan kadar gula.

3. Anda hanya mendengar apa yang Anda ingin dengar.

Anda mungkin cukup bijak dengan menghindari makan daging dan menggantikannya dengan beberapa jenis alternatif lain seperti alpukat. Namun, yang Anda lupakan adalah alpukat juga mengandung lemak tinggi, seperti yang diungkapkan Aloysa Hourigan, senior dari ahli ilmu gizi dunia.

Ada iklan makanan sehat yang mengatakan bahwa merk tersebut merupakan cemilan atau sebuah produk makanan ringan sehat dan dapat dimasukkan dalam program diet Anda. Namun yang harus Anda perhatikan adalah tingginya kalori yang terkandung di dalamnya.

Solusinya adalah berhentilah memikirkan istilah dalam makanan seperti lemak sehat, lebih pertimbangkan bahwa itu juga makanan. Yang terpenting adalah, nikmatilah apa yang Anda makan. Seiring dengan waktu, maka Anda akan bisa mengatur pola makan Anda sendiri serta perlahan-lahan tidak terlalu memanjakan diri dengan makanan.

4. Bebas karbohidrat.

Belum ada bukti yang jelas bahwa karbohidrat buruk bagi diet Anda. Justru jika Anda mengurangi karbohidrat, Anda akan merasa tidak puas dan berakhir dengan cemilan setelah makan malam.

Solusinya adalah kurangi karbohidrat bukan menghilangkannya dalam diet Anda. Akan lebih baik jika menggantikannya dengan kentang, gandum dan beras merah.

5. Minuman adalah makan malam Anda.

Terjadi sebuah perubahan pola gaya hidup pada kaum wanita saat ini khususnya di dunia barat. Sebagian dari mereka sekarang ini seperti kaum pria, berkumpul di cafe untuk minum-minum layaknya para pria. Namun, sisi negatifnya adalah para wanita ini menggantikan makan malam mereka dengan minuman.

Jadi, jika mereka minum-minuman beralkohol pada malam itu, mereka akan melewatkan makan malam. Sedangkan mereka tidak menyadari hilangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan minum dalam keadaan perut yang kosong hanya akan membahayakan kesehatan.

Solusinya adalah tetap jaga pola makan. Usahakan untuk sebaik mungkin menjauhi minuman beralkohol. Hitung kalori dari minuman yang Anda konsumsi, karena tanpa Anda sadari, ternyata minuman Anda berkadar kalori lebih tinggi dari pada makanan. Dan yang pasti jauh lebih sehat.

6. Minuman diet.

Menurut asosiasi ahli gizi dunia, minuman diet dapat berubah menjadi asam dan dapat mengakibatkan kerapuhan gigi secara dini. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh tim ahli gizi dari Universitas Tufts, Ameria Serikat, telah menemukan bahwa asam fosfat dalam minuman diet sama seperti pada minuman bersoda, yang mana hal ini dapat mengurangi kepadatan tulang.

Solusinya adalah minum air putih sesuai kebutuhan normal tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Journal referensi: Fit and Firm, Universitas Tufts

Tidak ada komentar