6 Cara Tingkatkan Kesehatan Wanita

6 Cara Tingkatkan Kesehatan Wanita - Kesehatan wanita sedikit berbeda dari para pria. Berikut ini tips dari Beth W. Orenstein dan diulas secara medis oleh Lindsey Marcellin, MD, MPH, mengenai bagaimana agar para wanita menjadi lebih sehat dan lebih berenergi, di usia berapa pun.

Dan sangatlah penting untuk memilih pola hidup sehat. Ada 6 cara mudah yang dapat dilakukan wanita setiap harinya:

1. Mengkonsumsi makanan segar dan sehat.
Menurut Donald Novey, MD,yang termasuk makanan segar dan sehat adalah variasi buah-buahan segar dan sayur,dan meminimalkan makanan olahan. Mengkonsumsi makan rendah kalori,lebih banyak mengkonsumsi gandum,makanan yang mengandung serat tinggi,memilih daging dan ikan yang segar.

Dibutuhkan 800 hingga 1500 miligram kalsium untuk menghindari osteoporosis menurut Dr. Novey, namun itu tergantung dari umur. Sebaiknya menghindari makanan berkalori tinggi, juga kandungan gula, garam dan lemak yang tinggi.

Makanan sehat akan membantu untuk mencapai berat yang ideal dimana sangat penting karena kelebihan berat badan akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Untuk camilan yang sehat dapat dicoba sayuran mentah seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun dan mentimun jepang dengan yogurt rendah lemak.

Jika anda merasa kurang mendapatkan vitamin dari pola makan anda, boleh ditambahkan multivitamin dan kalsium agar kesehatan anda tetap terjaga.

2. Olah raga.
Penyakit jantung banyak diderita oleh para wanita,namun dapat dihindari dengan olah raga yang teratur. Sebaiknya berolahraga 30 menit sehari, 5 hari dalam seminggu, olah raga yang dilakukan dapat berupa berjalan, renang, jogging, bersepeda dan menari, sangat baik untuk kesehatan wanita secara umum khusus. Ya bagi jantung anda, ungkap Sabrena Merrill, MS, seorang pelatih pribadi dan instruktur fitness.

3. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, obat-obatan terlarang dan minuman alkohol.

4. Stress managemen.
Wanita kerap kali menghadapi tingkat tekanan dan stress yang cukup tinggi. Sediakan waktu beberapa menit hanya untuk bersantai dan mengembalikan prespektif anda kembali. Menurut Novey, "tidak membutuhkan waktu yang lama dan kesehatan mental sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Anda juga dapat melakukan stress manajemen dengan olah raga, teknik relaksasi atau meditasi.

5. Menjaga kesehatan kulit.
Kulit yang terkena sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit,dan dapat menyebabkan kematian. Untuk pencegahan gunakan lotion khusus untuk melindungi kulit dengan SPF (sun protection factor) minimal 15 jika melakukan kegiatan di luar ruangan lebih dari beberapa menit.

Mengecek tanda-tanda kanker kulit secara regural, walaupun anda selalu menggunakan lotion khusus. Anda pun dapat memperhatikan tanda-tanda seperti tanda yang timbul pada kulit dan perubahan warna pigmen kulit.

Jika terjadi perubahan tertentu pada kulit, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Pengecekan kanker payudara.
Dianjurkan bagi wanita sejak berumur 20 tahun untuk melakukan pengecekan kanker payudara secara regular. Anda harus selalu waspada dengan perubahan yang terjadi pada payudara anda dan melaporkan setiap perubahan dan kekhawatiran anda pada dokter. Wanita yang sudah berumur 40 tahun sudah harus melakukan pengecekan mammogram secara rutin per tahun. Karena mammogram merupakan cara yang paling efektif dalam mendeteksi kanker di tahap awal. Kesehatan wanita mengalami perubahan seiring dengan umurnya yang bertambah,namun dasar dari kesehatan wanita tetaplah sama. 

Jika anda mengikuti 6 tips ini, maka anda dapat meningkatkan kualitas hidup anda untuk bertahun-tahun ke depan.

Tidak ada komentar