Cabai Rawit, Solusi Cepat Hentikan Perdarahan

Pengobatan Alami, Perdarahan, Cabai Rawit, LifestyleUrbanoustics - Jika Anda atau seseorang di rumah Anda telah mengalami luka berdarah, itu bisa sangat mudah untuk menciptakan sebuah rasa panik yang berlebihan.

Padahal, rasa panik itu justru akan sangat berbahaya karena malah berpotensi menciptakan masalah baru yang dapat memperburuk kondisi penderita. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah bersikap tenang. Dalam kondisi tersebut, Anda dapat mencoba satu tips ampuh yang telah digunakan oleh masyarakat Amerika asli selama ribuan tahun.

Tips tersebut adalah dengan memakai cabai rawit pada luka-luka yang mengalami perdarahan. Mungkin cabai rawit tidak ada dalam lemari obat Anda, tapi ia pasti selalu ada di dapur Anda, bukan.

Cabai rawit adalah tindakan pertolongan pertama tambahan yang sangat baik untuk setiap indsiden luka perdarahan, khususnya yang sering dialami oleh para backpacker, seseorang yang gemar berkemah, pekerja bangunan, atau bahkan hanya di rumah saja. Dan yang lebih hebatnya lagi adalah, cabai rawit ini ternyata mampu menghentikan perdarahan tersebut hanya dalam waktu kurang lebih 10 detik.

Cabai rawit sangat mudah digunakan untuk luka luar atau eksternal. Bagaimanpun juga, perdarahan harus dihentikan dengan segera, dan dalam kondisi tersebut, terkadang Anda mengalami kesulitan untuk mengambil kotak obat Anda. Apalagi jika Anda ternyata tidak memiliki kotak obat lengkap, pasti hal ini akan menimbulkan kepanikan.

Dan sebagai cara terbaiknya adalah, cukup taburkan bubuk cabai rawit langsung pada bagian luka yang mengalami perdarahan. Jika luka Anda lebih besar daripada hanya sebuah goresan kecil, maka satu sendok teh bubuk cabai rawit yang dicampur dalam segelas air dapat digunakan secara oral untuk membantu memperlambat perdarahan.

Hal ini juga sesuai dengan yang dikemukakan oleh Dr. Richard Schulze, N.D., M.H., seorang doktor herbalogi dunia dari the School of Natural Healing, Springville, Utah. Menurutnya, rempah-rempah sepeti halnya cabai rawit dapat menghentikan perdarahan bila diterapkan ke luka, serta dapat membantu pembekuan darah bila digunakan secara oral.
"jika Anda hanya menguasai satu ramuan dalam hidup Anda, maka menguasai cabai rawit lebih kuat daripada yang lainnya" - Dr. Richard Schulze.
Selain menghentikan perdarahan, cabe rawit adalah rempah terbaik untuk mensterilkan luka karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2003 yang berjudul, "A Novel Antifungal Compound from Cayenne Pepper", yang diterbitkan oleh Medical Mycology, Volume 41, edisi 1 Februari 2003, halaman 75-82.

Nah sekarang bagaimana sahabat Urbanoustics, apakah Anda mau mencobanya? Jangan takut, cabe rawit yang ditaburi ke area luka tidak menimbulkan rasa pedas seperti yang kita rasakan saat memakannya.

Tidak ada komentar