Efek Tidur Dengan Makeup Yang Menempel

Lifestyle
Photo: Dana Moore/Getty Images
Efek Tidur Dengan Makeup Yang Menempel - Semakin banyak Anda tidur dengan mengenakan makeup, maka akan semakin besar pula kerusakan yang terjadi pada kulit Anda. Kulit kita sama halnya seperti bagian tubuh kita lainnya. Pada malam hari, fungsi kulit yang paling penting adalah untuk memperbarui diri.

Jeannette Graf, MD, seorang dermatologis dari Mount Sinai Medical Center, New York, menjelaskan bahwa, memakai makeup dan foundation di malam hari akan mencegah proses pembaharuan dan menyebabkan kerusakan pada kulit. Memang benar bahwa semakin sering Anda tidur dengan riasan Anda, maka akan semakin rusak kulit Anda. Dan berikut ini beberapa jenis makeup yang harus Anda beri perhatian khusus agar tidak sampai merusak kulit Anda.

Foundation

Foundation tebal umumnya berada di dasar produk lainnya yang telah menempel di wajah Anda sepanjang hari. Partikel-partikel besar dan pigmen dapat pecah setelah seharian, mengakibatkan kulit terekspos dan proses alami terganggu akibat polusi, bakteri, jamur, dan tungau dari luar. Hal ini mengakibatkan kolagen menjadi rusak, menyebabkan keriput dan pori-pori mudah menyimpan bakteri yang dapat mengakibatkan jerawat.

Primer

Primer memiliki potensi untuk membahayakan kulit Anda, tapi itu tergantung sepenuhnya pada bagaimana Anda memakainya. Jika primer digunakan sepanjang hari maka itu sangat merusak karena semua polutan masih menempel pada kulit Anda. Namun, jika itu digunakan pada wajah yang bersih dan hanya bersifat sebagai pelembab, maka tidak apa-apa.

Lipstik

Tidur dengan semua jenis lipstik dapat menyebabkan bibir mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Biasakan untuk menghapus lipstik sebelum tidur dan gunakan pelembab bibir untuk mengembalikan kelembabannya.

Maskara

Partikel Maskara dapat menyumbat folikel dan dapat membuat mata iritasi, bukan hanya pada kulit wajah saja. Jika terjadi iritasi, pembengkakan dapat menyebabkan blepharitis dan bakteri dapat menyebabkan konjungtivitis. Tidur dengan menggunakan maskara dapat juga menyebabkan bulu mata menjadi rapuh dan mudah patah.

Jadi, mulai malam ini, biasakan membersihkan wajah dari semua makeup atau riasan yang telah menempel pada wajah Anda seharian.

2 komentar

Alas dasar bedak harus dipersihkan juga agar tidak menimbulkan jerawat pada muka ya mas? Wah, ntar saya bilang sama istri saya mas. Terima kasih sharingnya...

benar sekali mas, itu yang banyak tidak disadari oleh kaum wanita, begitu pula dengan pria. terima kasih kembali :)