Komunikasi Efektif Dalam Sebuah Hubungan

LifestyleKomunikasi Efektif Dalam Sebuah Hubungan - Komunikasi yang efekif adalah kunci suksesnya hubungan Anda dengan pasangan Anda.

Sangat penting untuk berkomunikasi dengan pasangan secara bebas namun tetap beretika dan dapat dimengerti oleh ke dua pasangan tersebut. Berikut cara efektif yang dapat membuat hubungan Anda semakin baik.

- Luangkan waktu untuk bersama.

Saat Anda menghabiskan waktu berdua, pastikan kalian tidak hanya menonton televisi saja. Habiskan waktu bersama untuk berdiskusi, luangkan waktu untuk menikmati waktu bersama dengan penuh kehangatan dan saling terbuka.

- Hindari ego.

Saat Anda berbicara dengan pasangan Anda, tinggalkan ego pribadi, karena ego hanya akan membuat keadaan semakin sulit. Pertengkaran yang tak kunjung selesai banyak dipicu oleh ego dari pasangan itu sendiri.

Tidak adanya saling mengerti dan mau untuk mengalah adalah suatu kondisi buruk dalam membina suatu hubungan yang harmonis. Kedewasaan ke dua pasangan adalah kunci utamanya.

- Apa yang tidak terucap bukan berarti tidak penting.

Jika Anda tidak senang akan sesuatu, katakanlah. Karena jika keadaan itu terulang, maka itu adalah kesalahan Anda karena tidak menyampaikan apa yang membuat diri Anda merasa tidak senang. Dengan menyampaikan, pasangan akan bisa mencari alternatif lain.

- Jangan mau menang sendiri.

Saat Anda mendiskusikan sesuatu, jangan terfokus untuk memenangkan argumen. Cobalah fokus pada solusinya dan jangan mencoba terlalu keras untuk membuktikan persepsi Anda.

- Terbuka dengan pendapat.

Sangat penting untuk mengerti bahwa pasangan Anda adalah individu yang berbeda yang memiliki pemikiran dan opini yang berbeda pula. Jadi, kita harus siap menerima perbedaan pendapat itu.

- Berhati -hati dengan apa yang anda ucapkan.

Pilihlah kata-kata Anda, Anda mungkin mengatakan hal yang benar, namun jika pemilihan kata-kata Anda salah, maka akan berakibat buruk bagi hubungan Anda.

- Tetap fokus.

Saat mendiskusikan akan sesuatu hal, fokuslah hanya pada masalah yang sedang dibahas. Jangan sampai melebar atau keluar ke masalah lainnya. Itu akan jadi sebuah diskusi yang tidak ada jalan keluarnya.

- Temukan persamaan.

Fokus pada bagaimana Sebuah pasangan dapat menemukan persamaan yang ada dan menghindari perbedaan.

- Jangan berasumsi.

Membuat sebuah asumsi sendiri akan membuat pasangan Anda berpikir lain. Temukan solusinya dan alasannya. Tanyakan langsung pada pokok persoalan akan jauh lebih menghemat waktu.

- Mengakui kesalahan.

Anda hanya manusia, yang juga melakukan kesalahan. Sangat penting untuk menerima kesalahan. Karena dengan demikian, Anda memberi contoh pada pasangan Anda agar menerima kesalahan dengan lebih baik.

- Memaafkan.

Disaat Anda memaafkan, Anda akan mempersempit perbedaan. Memaafkan dan melupakan, hidup ini singkat, tidak ada manusia yang sempurna, jadi memaafkan adalah sesuatu hal yang sangat penting.

- Berbicara perlahan.

Berbicara dengan perlahan dan jelas akan memudahkan komunikasi dan lebih bisa dimengerti. Adakalanya sebuah komunikasi itu harus disisipkan oleh suatu hal yang dapat mencairkan suasana. Sisipan pembicaraan yang santai dapat menghindari dari kondisi yang tegang.

Tidak ada komentar